Rabu, 22 Februari 2012

Produk

Definisi
Kotler (1997 : 430 ) berpendapat bahwa produk adalah apa saja yang ditawarkan ke pasar untuk dipertahankan, diperoleh, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Definisi sempit
Produk adalah sekumpulan atribut fisik nyata (tangible) yang terkait dalam sebuah bentuk yang dapat diidentifikasikan.
 
Definisi luas
Produk adalah sekumpulan atribut yang nyata (tangible) dan tidak nyata(intangible) di dalamnya sudah tercakup warna, harga, kemasan, prestive pabrik, prestive pengecer dan pelayanan di pabrik serta pengecer yang mungkin diterima oleh pembeli sebagai sesuatu yang bisa memuaskan keinginannya.

Tingkatan
Menurut Kotler (2003:408) ada lima tingkatan produk, kelima tingkatan produk adalah :

a. Core benefit yaitu manfaat dasar dari suatu produk yag ditawarkan kepada konsumen. Contohnya mobil untuk transportasi.

b. Basic product yaitu bentuk dasar dari suatu produk yang dapat dirasakan oleh panca indra. Contohnya mobil yang memiliki tempat duduk.

c. Expected product yaitu serangkaian atribut-atribut produk dan kondisi-kondisi yang diharapkan oleh pembeli pada saat membeli suatu produk. Contohnya tempat duduk yang nyaman.

d. Augmented product yaitu sesuatu yang membedakan antara produk yang ditawarkan oleh badan usaha dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing. Contohnya dengan mobil layanan purna jual.

e. Potential product yaitu semua argumentasi dan perubahan bentuk yang dialami oleh suatu produk dimasa datang. Contohnya mobil mewah

Klasifikasi
Berdasarkan wujudnya, produk dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu :

Barang
Barang merupakan produk yang berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, diraba atau disentuh, dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya.

Jasa
Jasa merupakan aktivitas, manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.

Berdasarkan daya tahannya, produk dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu :

Barang tidak tahan lama
Barang tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Contohnya: minuman kaleng, snack dll.

Barang tahan lama
Barang tahan lama merupakan barang berwujud yang biasanya bisa bertahan lama dengan banyak pemakaian. Contohnya mobil, lemari es, dll.



Sumber :
http://sobatbaru.blogspot.com/2008/07/pengertian-produk.html
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/produk-definisi-klasifikasi-dimensi_30.html
http://mulyo.blog.esaunggul.ac.id/2010/09/22/rencana-produksi/#more-983

Tidak ada komentar:

Posting Komentar