Harga adalah jumlah uang atau alat tukar lain yg senilai, yang harus dibayarkan untuk produk atau jasa, pada waktu tertentu dan di pasar tertentu; (KBBI)
Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi produsen maupun konsumen) yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (Rupiah, Dollar, Dll).
Fungsi
- Sumber pendapatan dan atau keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen.
- Pengendali tingkat permintaan dan penawaran.
- Mempengaruhi program pemasaran dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan. Harga dapat berperan sebagai pengaruh terhadap aspek produk, distribusi, distribusi, atau promosi.
- Mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan masyarakat.
Tujuan
- Perusahaan yang mempertimbangkan biaya akan bertujuan untuk mengendalikan keuntungan atau sekedar hanya untuk menutup biaya.
- Perusahaan yang mempertimbangkan permintaan pasar akan bertujuan untuk mengendalikan penjualan atau market-share.
- Perusahaan yang mempertimbangkan pesaing harga akan bertujuan untuk mengendalikan persaingan.
Budiarto, Teguh, 1993, Dasar Pemasaran, Seri Diktat, Jakarta, Gunadarma
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php
Tidak ada komentar:
Posting Komentar