Rabu, 29 Februari 2012

Harga

Pengertian
Harga adalah jumlah uang atau alat tukar lain yg senilai, yang harus dibayarkan untuk produk atau jasa, pada waktu tertentu dan di pasar tertentu; (KBBI)
Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi produsen maupun konsumen) yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (Rupiah, Dollar, Dll).

Fungsi
  • Sumber pendapatan dan atau keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen.
  • Pengendali tingkat permintaan dan penawaran.
  • Mempengaruhi program pemasaran dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan. Harga dapat berperan sebagai pengaruh terhadap aspek produk, distribusi, distribusi, atau promosi.
  • Mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan masyarakat.

Tujuan
  1. Perusahaan yang mempertimbangkan biaya akan bertujuan untuk mengendalikan keuntungan atau sekedar hanya untuk menutup biaya.
  2. Perusahaan yang mempertimbangkan permintaan pasar akan bertujuan untuk mengendalikan penjualan atau market-share.
  3. Perusahaan yang mempertimbangkan pesaing harga akan bertujuan untuk mengendalikan persaingan.
Sumber :
Budiarto, Teguh, 1993, Dasar Pemasaran, Seri Diktat, Jakarta, Gunadarma
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar